Spiga

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan

Artikel yang memuat ulasan tentang bahaya plastik sudah sangat banyak sekali. Tetapi tetap saja hanya segelintir orang yang memperdulikannya hingga meneliti lebih lanjut. Plastik adalah salah satu bahan yang dapat kita temui di hampir setiap barang. Mulai dari botol minum, TV, Kulkas, Pipa pralon, plastik laminating, hingga pestisida. Oleh karena itu kita bisa hampir dipastikan pernah menggunakan dan memiliki barang-barang yang mengandung Bisphenol A. Salah satu barang yang memakai plastik dan mengandung Bisphenol A adalah industri makanan dan minuman sebagai tempat penyimpan makanan, plastik penutup makanan, botol air mineral dan botol bayi. Satu tes membuktikan 95% orang pernah memakai barang mengandung Bisphenol A.
Plastik sering dipakai karena ringan, tidak mudah pecah dan murah. Akan tetapi plastik juga berisiko terhadap lingkungan dan kesehatan keluarga kita. Oleh karena itu kita harus memakai plastik yang aman untuk keluarga kita.Adapun tips nya adalah:
1. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi dengan lubang isapnya nya berbahan polycarbonate. Cobalah pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca, polyethylene atau polypropylene. Gunakan cangkir bayi berbahan stainless steel,
polyethylene atau polypropylene. Dan untuk dot gunakanlah yang berbahan silikon karena tidak akan mengeluarkan zat karsiogenik sebagaimana pada dot berbahan latex.
2. Jika penggunaan plastik berbahan polycarbonate tidak dapat dicegah janganlah menyimpan air minum atau makanan dalam keadaan panas.
3. Bungkus terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus dengan plastik pembungkus ketika dipanaskan di microwave oven.
4. Cobalah untuk untuk menggunakan kemasan berbahan kain untuk membawa sayuran, makanan ataupun belanja dan gunakanlah kemasan berbahan stainless steel atau kaca untuk menyimpan makanan atau minuman.
5. Cegah penggunaan piring dan alat makan platik untuk masakan. gunakanlah alat makan berbahan stainless steel, kaca, keramik dan kayu.

Jadi, sudahkah anda menggunakan plastik yang aman bagi kesehatan? (Rumoh PMI- Des)

1 komentar:

  Hayati.s

14 Januari 2009 pukul 10.25

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.