Spiga

Syarat Perpanjangan STNK

Pada mulanya saya mengira mengurus perpanjangan STNK itu sangat lah ribet, hal tersebut berdasarkan pengalaman pertama saya di Jogja dan ingin mengurus perpanjangan STNK motor di kota Gudeg itu. Ketika pertama sekali menginjakkan kaki ke Lantas Jogja, saya langsung diserbu oleh agen liar. Agen tersebut memaksa saya untuk mengurus perpanjangan STNK kepada mereka sambil memberi informasi bahwa mengurus STNK itu sulit dan lama. Alhasil, saya menerima tawarannya itu. Dan uang yang diminta sebagai upah jasa mereka meminta Rp.50.000.

Nah, bagi teman2 yang mandiri serta mempunyai waktu luang saya menyarankan jika ingin memperpanjang STNK cobalah sendiri saja. Karena tidak ribet kok dan tidak juga lama tentunya, berdasarkan pengalaman saya yang kedua ketika ingin memperpanjang STNK di Aceh.

Langkah-langkah serta persiapan yang harus disiapkan untuk kelengkapan administrasi adalah:
1. PKB kendaraan bermotor
2. STNK
3. KTP pemilik motor
4. Uang tentunya (minimal uang yang harus dipersiapkan adalah sejumlah tertera yang dipajak STNK)
Setelah semua sudah difotokopi 2 rangkap, kita bisa mengambil/ meminta formulir sambil menyerahkan kopian perlengkapan admnya. Lalu kita akan diberikan petunjuk kemana lagi langkah yang ditempuh.
Tidak ada biaya tambahan dalam mengurus perpanjangan STNK ini jika mengurus sendiri. Contoh, kemarin punya saya tertulis di STNK biaya jasa raharja Rp.35.000 dan PKB Rp.117.000 dan total semua yang harus saya bayar adalah Rp.152.000.

Tidak ada uang minum yang harus saya bayar kemarin. Mudah bukan????

0 komentar: