Spiga

Apa yang harus dilakukan setelah perceraian?

Berpisah dengan pasangan yang sudah mendampingi kita selama beberapa tahun memang sangat menyakitkan. Tapi apa gunanya dipertahankan jika didalam perkawinan kita merasa tidak nyaman, tidak ada kepercayaan dan tidak ada keharmonisan. Hari ini baikan, besok berantam, hari ini harmonis, besok sudah pulang kerumah orang tua masing2. Cape.., setelah perceraian hal yang terpenting adalah bagaimana kita menata kembali kehidupan Anda. Ingat perjalanan hidup masih panjang.

1. Menjaga penampilan diri
Jangan mentang2 Anda sudah bercerai penampilan Anda sangat urakan. Lihat dan perbaikilah penampilan Anda. Yang mungkin dulu jarang menjaga kebersihan muka dan gigi. Jangan habiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri, renungkan lah, perpisahan mungkin yang terbaik.

2. Ingat keburukan mantan
Hal ini mungkin agak sadis, tapi ini adalah langkah yang terbaik untuk melupakan mantan. Ingatlah keburukan mantan, nafasnya yang bau, keringatnya yang kurang sedap serta tingkahnya yang menyakitkan hati. Dengan cara ini maka tidak ada keinginan di dalam hati untuk menginginkannya kembali.

3. Buang pikiran pendapat negatif orang lain
Jika Anda berpisah dengan mantan, mungkin pikiran yang pertama kali dibenak adalah pendapat saudara, mertua, teman dan tetangga Anda mengenai perceraian. Semua orang punya hak untuk membuat image masing2 mengenai perceraian Anda, yang terpenting setelah Anda bercerai Anda tetap menjaga sikap dan perbuatan.

4. Hindari menghubungi mantan kembali
Pada awalnya Anda memang kesepian karena sudah terbiasa berbagi cerita. Alihkan mencari ketentraman baru dengan mencari teman dan relasi yang bisa diajak sharing. Jangan sekali kali Anda mencoba untuk menghubungi mantan, meski dengan menghubunginya Anda merasa tentram, tapi ketentraman itu tidak akan lama bertahan.

5. Cari kegiatan baru
Dengan mengikuti suatu kegiatan maka otomatis pikiran dan jiwa kita terkuras untuk fokus pada kegiatan tsb. Atau Anda bisa mengikuti kegiatan yang dulu tertunda, misal kembali kuliah atau mengikuti kursus.

0 komentar: